Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Model Pendekatan dan Metode dalam Studi Islam - Download Makalah Agama Gratis File Docx

 BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
 Urgensi mata kuliah ini adalah untuk memperkenalkan beberapa temuan teori yang dihasilkan oleh para sarjan Barat dalam melihat Islam di Indonesia. Untuk selanjutnya kita diharapkan bisa mengapresiasi bahkan mengkritisi beberapa temuan mereka. Karena setelah mereka melakukan studi secara intensif, ternyata banyak hal yang harus dan bisa dijelaskan secara ilmiyah mengenai ke-khasan dan corak ke-Islaman di Indonesia. 

***
Download Makalah Model Pendekatan dan Metode dalam Studi Islam
***

Persoalannya adalah, apakah temuan-temuan mereka pada masa itu masih relevan dengan kondisi dan untuk menggambarkan Islam Indonesia sekarang? Apa tujuan sebenarnya dibalik studi mereka dalam melihat Islam di Indonesia? Adakah dampak positif bagi Islam sendiri atau bahkan kesan negatif yang muncul, ketika Islam Indonesia dijelaskan dengancara-cara seperti itu?

Untuk itulah, kami sebagai sarjana muslim Indonesia perlu membaca pandangan-pandangan mereka secara konseptual dan rasional. Apakah aspek-aspek dan metodologi penelitian mereka bisa di pertanggung jawabkan secara ilmiah dan akademik? Apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada temuan mereka dalam melihat Islam di Indonesia dari masing-maming perspektifnya? Sebagai bahan kajian utama untuk melatih kepekaan mahasiswanya dalam melihat Islam di Indonesia.
Dengan menganalisis berbagai hal, penyusun berharap semoga kita dapat membawa wawasan dan mengambil pelajaran yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan uraian diatas, penulis menyusun makalah yang berjudul “Model Pendekatan dan Metode dalam Studi Islam”.

B.       Rumusan Masalah
Adapun makalah yang di bahas dalam makalah ini di rumuskan dalam rumusan masalah berikut:
1.      Apakah urgensi pendekatan dan metode dalam studi islam
2.      Bagaimana perkembangan model pendekatan dalam studi islam
3.      Apakah kontruksi teori dan pendekatan dalam studi ke-islaman
4.      Bagaimana peran sosial dalam memahami islam
5.      Bagaimana pendekatan pemikiran: kalam, filsafat, tasawuf


BAB II
PEMBAHASAN

A.      Urgensi Pendekatan dan Metode dalam Studi Islam
Beberapa metode diperlukan dalam memahami islam, karena secara operasional konseptual dapat memberikan pandangan bahwa islam tidak hanya berwajah tunggal (single face) melainkan berwajah plural (multifaces). Hal ini diperlukan karena islam sebagai agama tidak boleh dipahami melalui pintu wahyu belaka, tetapi perlu dipahami melalui pintu pemeluknya, yaitu masyarakat muslim yang menghayati, meyakini dan memperoleh pengaruh dari islam tersebut. Dengan kata lain, berarti mecari kebenaran teologis atau filosofis, akan tetapi juga mencari bagaimana islam itu ada dalam kebudayaan dan sistem sosial dengan berdasarkan atas fakta realitas sosio-kultur.

Selain ini ada dua macam kajian islam yang dilakukan, pertama oleh kalangan muslim sendiri, kedua oleh karangan orientalis (Barat). Kelompok pertama menggunakan pendekatan yang disebut fideistic subjectivism / al-‘aql al-dini al-lahuti (pemikiran teologi-normatif), dan kelompok kedua menggunakan pendekatan yang disebut scientific objectivsm / al-‘aql al filsafi (pemikiran filsafat).

Pendekatan pertama berupaya memahami agama secara liteal, dengan menggunakan kerangka ilmu ketuhanan yang bertolak dari suatu keyakinan behwa wujud empirik dari suatu keagamaan dianggap yang paling benar dibandingkan dengan yang lainnya. Sementara pendekatan kedua membahas berbagi peristiwa dengan memperhatikan unsur tempat, waktu, obyek, latar belakang dan pelaku dari peristiwa tersebut.

Pendekatan ini amanat dibutuhkan dalam memahami islam, karena islam itu turun dalam situasi yang konkret Bahkan berkaitan dengan kondisi sosial kemasyarakatan. Maka didalam al-Qur’an ditemukan berbagi macam kisah-kisah sejarah, yang dapat dijadikan sebagai patokan dalam memahami ajaran dalam islam dan juga ditemukan istilah asbab al-nuzul hukum-hukum fikih dan lain sebagainya.

B.       Perkembangan Model Pendekatan dalam Studi Islam
Perkembangan dan pengaruh global terhadap penduduk muslim dunia menyebabkan islam mendapat perhatian besar dalam studi agama. Studi islam sebagai sebuah disiplin, sebenarnya sudah dimulai sejak lama. Studi ini mempunyai akar yang kokoh dikalangan sarjana muslim dalam tradisi keilmuan tradisional. Dalam dua dekade terakhir ini, semakin tumbuh kesadaran akan pentingnya berbagai pendekatan ilmiah dalam bidang Islamic Studies dan perhatian akan problem-problem yang dihasilkan dari berbagai pendekatan ini. Oleh karena itu mengkaji ilmu ditemukan multiplisitas dan mengisi secara kritis-komunikatif. Sebagai contoh, dalam studi tentang data keagamaan, seperti al-Qur’an, teks-teks klasik dan interprestasi tenteng makna-makna keagaman meskipun pendekaan dan metode yang digunakan sama, kesimpulan ilmiahnya bisa berbeda, karena ada sensibilitas yang berbeda antara satu peneliti dengan peneliti lainnya.

Kalau dilacak, sejarah pertumbuhan studi Islam, dapat dilihat pada abad ke-19, dimana kajian islam pada masa ini lebih menekankan pada tradisi filologi.

Tampaknya penelitian agama memang tidak dapat dipisahkan dari aspek bahasa, karena manusia adalah makhluk berbahasa sedangkan doktrin agama dipahami, dihayati dan disosialisasikan melalui bahasa. Pembahasan berikut ini mengenai pengertian bahasa yang dipersempit dan diartikan sebagai kata-kata yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau memerintah. 

Istilah bahasa agama dalam buku ini menunjukkan tiga macam bidang kajian dan wacana. Pertama, ungkapan-ungkapan yang digunakan untuk menjelaskan obyek pemikiran yang bersifat metafisi, terutama tentang tuhan. Kedua, bahasa kitab suci terutama bahasa al-Qur’an dan ketiga, bahasa ritual keagamaan.

Penelitan agama dengan menggunakan pendekatan fiologi dapat dibagi dalam tiga pendekatan. Perlu ditekankan disini bahwa ketiga pendekatan dimaksudkan tidak terpisah secara ekstrem, pendekatan bisa over lapping, saling melengkapi atau bahkan dalam sudut pandang tertentu sama. Ketiga pendekatan trsebut adalah metode tafsir, content analisis dan hermeneutika.

1.    Metode Tafsir
Pendekatan filologi dalam al-Qur’an adalah pendekatan atau metode tafsir. Metode tafsir adalah metode tertua dalam pengkajian agama. Sesuai dengan namanya, tafsir berarti penjelasan, pemahaman dan perincian atau kitab suci, sehingga isi pesan kitab suci dapat dipahami sebagaiman dapat diketahui oleh Tuhan.
Berkaitan dengan penelitihan agama tujuan tafsir adalah menjelaskan, menerangkan, menyingkap kandungan kitab suci pesan yang terkandung di dalamnya baik barupa hukum, moral,  spiritual, perintah maupun larangan dapat dipahami, dihayati dan diamalkan. Dalam rangka menjelaskan isi pesan kitab suci tafsir menggunakan berbagai pendekatan sesuai dengan disiplin ilmu:
a.         Pendekatan satra bahasa
b.         Pendekatan filosofis
c.         Pendekatan teologi
d.        Pendekatan ilmiah
e.         Pendekatan fikih atau hukum
f.          Pendekatan tasawuf
g.         Pendekatan sosiologi
h.         Pendekatan kultural
Ini berarti bahwa ayat yang sama apabila ditafsirkan dengan pendekatan berbeda akan menghasilkan isi pesan yang berbeda pula. Adapun metode penafsiran yang berkemban dalam tradisi intelektual islam dan cukup populer yaitu: tahlil, ijmali, muqaran dan mawdzu.
Tafsir tahlil adalah metode mentafsirkan al-Qur’an dengan cara menguraikan secara detail kata demi kata, ayat demi ayat dan surat demi surat yang ada dalam al-Qur’an awal hingga akhir.
Tafsir Ijtimali adalah cara menafsirkan ayat-ayat dalam kitab suci dengan cara menunjukkan kandungan makna kitab suci secara global dan penjelasannya biasanya secara global pula.

2.      Pendekatan Filologi Terhadap As-sunnah (Al-Hadist)
As-sunnah secara etimologi berarti tradisi atau perjalanaan. Sedangkan al-Hadistsecara etimologi berarti ucapan atau pernyataan dan sesuatu yang baru. Dalam arti teknis as-sunnah (Sunnatur- Rosul) identik dalam hadits.

3.        Pendekatan Filologi terhadap Teks, Naskah dan Kitab-Kitab: Hermeneutika
Hermeneutika secara etimologi berasal dari kata kerja hermeneuin : menyampaikan berita. Pengertian yang lebih lengkap dinyatakan Stephen WL. Bahwa hermeneutika: Studi of understanding, espicciallyby interpriting action and text.
C.      Kontruksi Teori Dan Pendekatan dalam Studi Ke-Islaman
Seiring dengan pemekaran wilayah pemahaman dan penghayatan keagamaan, yang antara lain disebabkan oleh transparansi sekat-sekat budaya. Sebagai akibat dari lupaan informasi dalam era ilmu dan teknologi, masyarakat islam membutuhkan masukan-nasuka dan kajian-kajian keagamaan yang segar, yang tidak lagi melulu bersifat teologis-normatif, tetapi juga menginginkan masukan-masukan dari kajian keagamaan yang bersifat historis-kritis.
Untuk itu dalam buku ini, penulis menegaskan perlunya pendekatan-pendekatan yang bervariatif dalam studi islam. Studi islam dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang bersifat komperhensif, multidispliner, interdispliner dengan menggunakan metodologi yang bersifat akademik-kritis.
Konstruksi adalah cara membuat bangunan-bangunan. Teori berarti pendapat yang dikemukakan sebagai suatu keterangan mengenai suatu peristiwa. Sementara itu, yang dimaksud dengan pendekatan adalah cara pandang atau paradigma pada suatu bidang ilmu yang digunakan untuk memahami agama. Studi tentang data keagamaan, seperti qur’an, teks-teks data klasik, dan interprestasi tentang makna-makna agama, meskipun pendekatan dan metode yang digunakan sama, kesimpulan-kesimpulan ilmiahnya cenderung berbeda karna ada praduga dan srsibilitas yang berbeda. Stuasi yang sama terjadi pada studi tentang agama-agama dan budaya-budaya selain islam.

D.      Peran Sosial dalam Memahami Islam
Arkum menyatakan perlunya perbaikan terhadap hasil dari beberapa kajian keislaman yang dilakukan beberapa pihak; pertama oleh kalangan muslim (al-islamiyyun), yang tidak setuju dengan pendekatan sosiologi, baik dari sisi metodologi terminologi serta problemnya, untuk digunakan dalam sebuah kajian keislaman. Kedua oleh para orientalis, yang dalam kajiannya, analisis yang digunakan tidak terlalu mendalam (la yafham al-bu’du al-dini) dimana mereka hanyaberangkat dari beberapa contoh dan kondisi sejarah yang berbeda dan mengkajinya dari sudut pandang ilmu-ilmu sosial semata, yantg itu merupakan produk dari barat. Mereka terkadang hanya berangkat dari pendekatan linguistik (filologi), sehingga miskin akan discourse of analysis.
Dengan melihat kasus di prancis, arkum membicarakan tentang perbedaan tradisi yang terjadi ditengah-tengah keilmuan masyarakat barat dan eropa secara umum, yaitu perbedaan antara peneliti dari kelompok ilmu-ilmu humanities di Barat, yang tidak menekuni kajian dan warisan intelektualnya dengan kelompok yang memang menekuni kajian-kajian keislaman (para orientalis). Arkum menyayangkan karena para orientalis itu tidak membuka wacana diskusi dibidang epistemologi dengan para pengkaji ilmu-ilmu humanities. Arkum mengkritik para orientalis dengan mengatakan bahwa mereka telah ketinggalan metodologi dan berwawasan penting dibidang epitemologi. Maka arkum mengajak untuk mengadakan revolusi di bidang kajian-kajian keislaman dan Arab.
Sementara itu kaum fundamentalis islam juga menolak kajian-kajian sosial untuk digunakan dalam mengkaji islam dan memiliki sikap yang mudah tersinggung dari pada melakukan penelitihan tentang islam secara ilmiah. Maka arkum menyatakan bahwa untuk memahami masyarakat arab atau islam pada masa kini, dibutuhkan metodologi nalar baru yang pluralis sesuai dengan segala masyarakat, progresif, komparatif, revolusioner, memiliki sifat terbuka, sistematis, memiliki analisa yang luas, universal. Nalar ini oleh arkum disebu nalar falsafi (al-‘aql al-falsafi). Nalar ini adalah lawan dari nalar teologi (al-difa’i) ofensif (al-hujumi) dan dogmatis (al-dogma’i). Sebuah nalar yang menutup gerak pemikiran islam semenjak abad ke IX danXII Masehi.

E.       Pendekatan Pemikiran: Kalam , Filsafat, Tasawuf
1.        Pendekatan Pemikiran Kalam
Tampaknya sampai kini masih dalam perdebatan, paling tidak, pada tingkat semantik. Tentang penggunaan istilah teolgi (islam) dan pengidentiknya dengan ilmu kalam. Mereka yang melatar belakangi dalam tradisi keislaman konvesional mengartikan teologi islam sebagai ilmu kalam yakni disiplin yang mempelajari ilmu ketuhanan bersifat abstrak, polemis, spekulatif, dan normatif.
Seperti yang terungkap dalam judul buku “Teologi” tulisan Harun Nasution dan A. Hanafi. Sementara itu bagi mereka yang terlatih dalam tradisi barat dan tidak mempelajari islam dari studi-studiformal lebih melihat teologi sebagai pemahaman serta penafsiran terhadap realitas dalam perspektif.
Ilmu kalam adalah ilmu yang membicarakan tentang wujud Tuhan (Allah), sifat-sifat yang mesti ada pada-Nya, sifat-sifat yang mesti tidak ada pada Nya serta sifat-sifat yang mungkain ada pada Nya dan membicarakan pula tentang Rosul-rosul tuhan , untuk menetapkan kerosulannya dan mengetahui sifat-sifat yang mesti ada pada Nya, sifat-sifat yang tidak mesti ada pada Nya dan sifat-sifat yang mungkin terdapat padanya.

2.        Pendekatan Filsafat
Filsafat berasal ari bahasa Arab yang berhubungan erat dengan kata aslinya yakni bahasa Yunani Phileshopia: secara harfiah, Philo: cinta, Shopia: hikmah, kebijakan. Selain itu filsafat dapat pula diartikan mencari hakikat sesuatu berusaha menemukan sebab dan akibat serta berusaha menafsirkan pengalaman-pengalaman manusia.
Srdangkan sidi gazali begpendapat filsafat adalah berfikir secara mendalam, sistematis, radikal dan universal dalam rangka mencapai kebenaran, inti, hikmah, atau hakikat mengenai segala sesuatu yang ada.
Tujuan berfilsafat ialah menemukan kebenaran yang sebenarnya. Jika kebenaran yang sebenarnya dirumuskan secara sistematis maka ia adalah sistematis filsafat. Sistematika filsafat itu terbagi atas tiga cabang filsafat besar yakni teori pengetahuan teori hakekat dan teori nilai.
Sedangkan objek penelitian filsafat dapat dibedakan menjadi dua. Pertama objek materia yakni semua yang ada, mungkin ada serta pengetahuan tentang nilai. Sebagai catatan yang diteliti adalah mengenai bagian abstrak dari obyek tersebut. Contoh tentang penelitihan menusia yakni bagian yang merupakan hakikat yang abstrak yakni eksistensinya dan nilai-nilai kemanusiaannya. Kemudian mengenai obyek formanya yakni penelitihan yang mendalam, sistematis, universal dan radikal.

3.        Pendekatan Pemikiran Tasawuf
Islam adalah agama yang bersifat universal, memberikan jawaban asasi terhadap berbagai kekebutuhan menusia, lahiriyah, batiniyah, individual serta kolektif. Tasawuf merupakan salah satu bidang studi islam yang memfokuskan perhatiannya pada dimensi esoterik yakni pembersihan aspek rohani sehingga dapat menimbulkan akhlak mulia.
Melalui studi tasawuf ini, seseorang dapat menegtahui tata cara melakukan pembersihan jiwa srta mengamalkan secara benar. Dari pengetahuan ini ia akan tampil sebagai seorang yang terampil dan pandai pada saat ini berinteraksi dengan orang lain atau pada saat melakukan aktifitas dunia yang menentukan kejujuran, keikhlasan serta tanggung jawab.
Menarik sekali AbbudinNata dalam bukunya Metodologi Studi Islam menjelaskan pengertian tasawuf. Terdapat tiga sudut pandang yang digunakan para ahli dalam mendefinisikan tasawuf.
Pertama, sudut pandang manusia sebagai makhluk terbatas. Kedua, sudut pandang manusia sebagai makhluk yang harus berjuang, dan ketiga, sudut pandang manusia sebagai makhluk ber-Tuhan.

BAB III
PENUTUP
A.      Kesimpulan
1.      metode diperlukan dalam memahami islam, karena secara operasional konseptual dapat memberikan pandangan bahwa islam tidak hanya berwajah tunggal (single face) melainkan berwajah plural (multifaces). Selain ini ada dua macam kajian islam yang dilakukan, pertama oleh kalangan muslim sendiri, kedua oleh karangan orientalis (Barat). Metode Tafsir diantaranya: Pendekatan satra bahasa, Pendekatan filosofis, Pendekatan teologi, Pendekatan ilmiah, Pendekatan fikih atau hukum, Pendekatan tasawuf, Pendekatan sosiologi, Pendekatan kultural.
2.      Konstruksi adalah cara membuat bangunan-bangunan. Teori berarti pendapat yang dikemukakan sebagai suatu keterangan mengenai suatu peristiwa.
3.      Arkum menyatakan perlunya perbaikan terhadap hasil dari beberapa kajian keislaman yang dilakukan beberapa pihak: pertama oleh kalangan muslim (al-islamiyyun), Kedua oleh para orientalis, yang dalam kajiannya, analisis yang digunakan tidak terlalu mendalam (la yafham al-bu’du al-dini) dimana mereka hanyaberangkat dari beberapa contoh dan kondisi sejarah yang berbeda dan mengkajinya dari sudut pandang ilmu-ilmu sosial semata, yantg itu merupakan produk dari barat.
4.      Pendekatan Pemikiran: Kalam , Filsafat, Tasawuf. Pendekatan Pemikiran Kalam, bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang membicarakan tentang wujud Tuhan (Allah), sifat-sifat yang mesti ada pada-Nya, sifat-sifat yang mesti tidak ada pada Nya serta sifat-sifat yang mungkain ada pada Nya dan membicarakan pula tentang Rosul-rosul tuhan. Pendekatan filsafat adalah ilmu yang membicarakan tentang wujud Tuhan (Allah), sifat-sifat yang mesti ada pada-Nya, sifat-sifat yang mesti tidak ada pada Nya serta sifat-sifat yang mungkain ada pada Nya dan membicarakan pula tentang Rosul-rosul tuhan. Dan pendekatan pemikiran Tasawuf.
  
DAFTAR PUSTAKA
Tim Penyusu STUDI ISLAM IAIN SUNAN AMPEL, Pengantar Studi Islam     Surabaya: iain sunan ampel press. 2002
Tim Penyusu STUDI ISLAM IAIN SUNAN AMPEL, Pengantar Studi Islam Surabaya: iain sunan ampel press. 2011
Nurush Shochichah, Siti Sholihah. 2012. Model pendekatan dan Metode dalam Studi Islam. http://4shared.com. Diakses pada: Minggu, 24 Juni 2018
Istavita Utama. 2018. Makalah Model pendekatan dan Metode dalam Studi Islam. https://underpapers.blogspot.com. Diakses pada: Sabtu, 30 Juni 2018



Download Makalah Model Pendekatan dan Metode dalam Studi Islam