Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Internet - Download Makalah Gratis File Docx

 BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Di zaman sekarang kita telah mengenal internet. Perkembangan internet juga sangat pesat dan sangat di dukung dalam penyebarannya. Tak jarang kini semua orang mengenal apa itu internet bahkan banyak orang sudah bisa mengoprasikannya dan membuat hal-hal yang mendukung internet tersebut. Internet sangat bermanfaat untuk zaman yang serba moderen yang menuntup dengan ketepatan informasi yang berkembang di aspek berbagai wilayah. Internet juga kini di gunakan untuk ladang bisnis yang sangat menguntungkan.

***
Download Makakah Internet
***

Internet juga membuat majunya dunia pendidikan di mana anak-anak bisa mengakses berbagai informasi yang positif di dalam internet. Seperti halnya perpustakaan raksasa yang bisa di akses di mana saja dan kapan saja. Namun ada juga dampak negatif yang di hasilkan oleh internet misalnya Pornografi, Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan, Penipuan Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu, Carding Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet.

1.2 Rumusan Masalah
1. Apa Pengertian Internet dan Peralatan yang digunakan?
2. Apa saja Hardware yang digunakan untuk mengakses internet dan fungsinya?
3. Bagaimanakan Sejarah Internet?

1.3 Tujuan Makalah
Untuk menegetahui pengertian dari internet, peralatan yang digunakan dan sejarah dari internet itu sendiri



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Sejarah Internet
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet. Sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

2.2 Pengertian Internet dan Peralatan yang digunakan
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.

Perangkat yang diperlukan untuk mengakses internet antara lain perangkat keras, perangkat lunak, dan saluran telepon.
A. Perangkat keras computer
Komputer merupakan syarat mutlak untuk mengakses internet. secara umum perangkat keras komputer yang diperlukan dalam mengakses internet hampir sama dengan komputer biasa. spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksinya melalui ISP sangat menentukan cepat atau lambatnya proses kinerja komputer dalam mengakses internet. Spesifikasi komputer tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Komputer minimal menggunakan processor pentium II
  • RAM 128 MB keatas, yang digunakan untuk menyimpan data, gambar, suara atau program aplikasi dimana penyimpanannya bersifat sementara
  • Harddisk berfungsi sebagai media penyimpanan data secara magnetik
  • VGA berfungsi untuk mengubah data yang akan ditampilkan pada monitor
  • Monitor, merupakan perangkat keluaran yang berfungsi untuk menampilkan proses kerja dari computer
Selain perangkat keras komputer yang umum, juga diperlukan beberapa hardware tambahan sehingga memungkinkan anda mengakses internet melalui komputer. berikut ini beberapa hardware yang diperlukan:
  • Modem, terdiri dari modem internal dan eksternal. modem digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat untu mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
  • Kabel UTP dan STP
  • Konektor RJ45, digunakan untuk penghubung kabel UTP
  • Kabel coaxial, digunakan sebagai peredam sinyal agar tidak membalikkan dan mengganggu sinyal aslinya
  • Wireless adapter, digunakan sebagai pengendali periferal yang terpasang tanpa menggunakan kabel. adapter ini biasanya berbentuk card atau board yang berisi rangkaian elektronika
  • Switching digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu
  • Router, digunakan untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus
  • Ethernet card (LAN card) digunakan sebagai kartu antarmuka jaringan untuk transmisi data antarkomputer yang terkoneksi
B. Perangkat Lunak
Kebutuhan perangkat lunak sangat ditentukan oleh kebutuhan hardware yang digunakan. misalnya jika anda menggunakan processor pentium 75 maka sistem operasi yang memungkinkan untuk digunakan adalah windows 95. beberapa jenis dan versi software yang bisa digunakan antara lain sebagai berikut:
  • Sistem operasi, diantaranya windows 95, windows 97, windows 98, windows 2000, windows ME, windows XP, windows vista, windows 7, linux, dll
  • Browser, diantaranya netscape navigator, neoplanet, internet explorer, mozilla firefox, dll
  • Email, diantaranya internet mail, outlook express, netscape mail, dll
  • Chatting, diantaranya mIRC, ICQ, Yahoo Messenger, dll
C. Saluran Telepon
Saluran telepon merupakan salah satu syarat yang paling utama untuk mengakses internet, saluran telepon dapat disambungkan melalui modem, baik internal maupun eksternal. Anda juga dapat mengakses atau membuka internet melalui saluran Satelit, Saluran TV kabel, dan Gelombang Radio.

2.3 Hardware untuk Akses Internet beserta Fungsi
Perangkat keras (hardware) yang digunakan untuk mengakses internet adalah sebagai berikut :
Perangkat penting :
1. Komputer
2. Modem
3. Saluran Telepon

Perangkat keras pendukung :
1. HUB/Switch
2. Repeater
3. Bridge
4. Router

A. Perangkat Penting
1. Komputer
Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. Semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer :
  • Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.
  • RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB.
  • Harddisk digunakan untuk penyimpanan data magnetik. Harddisk minimal 10GB.
  • VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilkan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB.
  • Monitor, merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja komputer.
2. Modem
Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:
  • Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon.
  • Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel.
  • ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
3. Saluran Telepon
Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

B. Perangkat Pendukung
1. Hub/Switch
Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa komputer. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupakan sebuah repeater elektrik yang dilengkapi dengan 8 konektor dan passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor.

2. Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli.

3. Bridge
Bridge merupakan perangkat lunak yang menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.

4. Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe berbeda



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang penulis peroleh dalam penulisan makalah  ini adalah Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet :
1.    Informasi untuk kehidupan pribadi, kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial.
2.    Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.

Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.

Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

3.2 Saran
Saat menghadapi perkembangan Internet haruslah kita manfaatkan Teknologi ini dengan hal – hal yang bersifat baik dan positif dan hal yang dapat membantu meringankan  pekerjaan.



DAFTAR PUSTAKA

Aurelia. 2007. Makalah Teknologi Internet. http://lifina.blogspot.com/2007/11/makalah-teknologi-internet.html. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018

Dwinita. 2007. Situs Web Pendidikan Indonesia. http://www.beritanet.com/Education/situs-web-pendidikan-1.html. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

Eannhedria. 2009. Dampak Positif Dan Negatif Akibat Perkembengan Internet. http://eannhedria.wordpress.com/2009/03/02/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembengan-internet/. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018

Japanidols. 2009. Sejarah Internet - Pengertian Internet. http://karodalnet.blogspot.com/2009/07/sejarah-internet.html. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018

Anisa. 2015. Makalah Internet Sejarah, fungsi dan peralatannya. http://4shared.com. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018

Istavita Utama. Makalah Internet . http://underpapers.blogspot.com. Diakses pada: Sabtu, 4 Agustus 2018


Download Makalah Internet